Spreadsheet Sebagai Sarana Pencatatan Akuntansi


Dunia akuntansi semakin mengalami perkembangan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Mulai dari akuntansi yang dicatat secara manual pada dokumen-dokumen kertas hingga saat ini perkembangan teknologi semakin maju hingga dunia akuntansi tidak bisa dipisahkan dengan teknologi. Beberapa software akuntansi di desktop maupun mobile mulai bermunculan dengan tujuan efisiensi dan efektifitas kegiatan akuntansi. 

Spreadsheet merupakan salah satu program komputer pengolah data (ex: Microsoft Excel, Google Sheet, WPS Spreadsheet) yang umum digunakan pada berbagai macam bidang pekerjaan, salah satunya bidang akuntansi. Dengan fleksibilitas software spreadsheet yang dapat digunakan pada berbagai macam bidang pekerjaan memungkinkan software tersebut untuk dikembangkan sebagai software pencatatan akuntansi. Berikut ini merupakan contoh membuat laporan laba rugi menggunakan software spreadsheet.

  1. Buka aplikasi spreadsheet kemudian ganti nama sheet menjadi laba rugi (lihat lingkaran merah).
  2. Beri judul laporan di bagian atas (misalnya di Cell A1)
  3. Bentuk sebuah tabel kerja (dapat 2 atau 3 kolom) di bawah judul laporan. Kemudian isi tabel dengan pos-pos pendapatan dan pengeluaran.
  4. Tambahkan pos Total Pendapatan, Total Beban, dan Total akhir. Penempatan pos tersebut dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Pada contoh kali ini pos Total Pendapatan akan diletakan pada cell A6, Total Beban diletakan pada cell A12, dan Total pada cell A13. Kemudian pada cell B6 dan B12 tuliskan formula SUM untuk menjumlahkan masing masing pendapatan dan beban. Total akhir menggunakan rumus total pendapatan dikurangi total beban. Agar program dapat secara otomatis mendeteksi total akhir laba atau rugi maka dapat digunakan formula IF seperti pada gambar di bawah ini.

Demikianlah artikel mengenai aplikasi akuntansi sederhana menggunakan software Spreadsheet. Tentunya langkah-langkah di atas hanyalah langkah paling sederhana dalam mengembangkan aplikasi akuntansi dengan software spreadsheet dan kalian dapat dengan bebas menggunakan seni dalam mengembangkan aplikasi akuntansi dengan menggunakan formula-formula yang ada pada Spreadsheet. Program yang telah dikembangkan di atas dapat diunduh melalui link berikut https://docs.google.com/spreadsheets/d/1HodGdC1tVC8Bab_qxkqoBqULCkCYClUzJswfbvXi9Ns/edit?usp=sharing

Ditulis oleh: Reza Ariftiarno


iden