Forum Group Discussion Peninjauan Kurikulum FEB Unpak


Program Studi Akuntansi mengadakan acara Focus Grup Discussion, Peninjauan Kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Acara yang Diselenggarakan Senin, 03 Mei 2021, di Aula Utama Lantai 4, Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Tujuan Pembahasan Peninjauan Kurikulum Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan, yang dihadiri Rektor dan Wakil Rektor Universitas Pakuan, Struktural FEB Unpak,  Para Dosen, User dan Alumni.

Acara dibuka dengan Sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. HendroSasongka, Ak., MM., CA, dilanjutkan oleh Ketua Senat Universitas dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Hari Gursida, Ak.,M.M., CA, dan Rektor Universitas Pakuan Prof. Dr. Bibin Rubini, MPd.

Terdapat 2 Sesi dalam acara ini, unutk sesi pertama membahas Kurikum yang meliputi Penyusaian Kebutahan Pengguna, dan Tuntutan Masyarakat. Narasumber sesi pertama Prof. Dr. Anna Permanasari, MSi, mengatakan Mengakselerasi implementasi MBKM dan Akreditasi Internasional, Mengapa kurikulum harus di revitalisasi atau diperbaiki, 5 alasan mengapa kurikulum harus berubah :

  1. Perubahan orientasi
  2. Pengembangan SDM revolusi industry dll
  3. Perubahan kebijakan pemerintah yang harus diakomodasi (MBKM, KKNI, Life Long Learning)
  4. Kebutuhan Universitas/Fakultas (Kebutuhan internasionalisasi menjadi keharusan untuk membuat perubahan, implementasi akan lebih penting).
  5. MBKM akan menjadi satu langkah menjadi Internasionalisasi bisa jadi akan merubah visi dan misi.
  6. Hasil tracer study (kebutuhan pengguna/lulusan/dosen).

Untuk Sesi kedua bertemakan CPL dalam Outcome Base Education, dibawakan oleh Dr. Wonny Ahmad Ridwan, MM.  kutipan dari beliau “Dunia sekarangsudah hibrid, skill kombinasi, cepat bertumbuh dan resisstent Multitasking, melakukan banyak pekerjaan oleh satu orang”. Revolusi industri: suka tidak suka pendidikan harus terkait 4.0 (revolusi industri).

Changes education:

  1. Time base to outcomes based
  2. Teacher centered student centered learning-> project base learning
  3. Passive learning Low level blooms
  4. Four walls classroom to global classroom
  5. Textbook driver to resesrch Exam assesment to more variety asseesment

iden