International Public Lecture Series 3: Growing Success With Sustainability


International Public Lecture Series 3: Growing Success With Sustainability

 

International Public Lecture dengan topik “Growing Success With Sustainability: Innovation and Competitive Advantage on Environment” telah sukses diselenggarakan di Gedung Akuntansi B1.1Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Bogor, pada Kamis (27/06/2024). Para narasumber membahas bagaimana inovasi dapat menjadi faktor kunci dalam mencapai keunggulan kompetitif di bidang lingkungan, dengan menyoroti berbagai strategi inovatif untuk meningkatkan kinerja lingkungan sekaligus mempertahankan atau meningkatkan posisi di pasar global. Public lecture ini diharapkan memberikan wawasan mendalam tentang peran inovasi dalam mencapai kesuksesan dengan keberlanjutan lingkungan dan keunggulan kompetitif di era global saat ini.

 Dihadiri dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Towaf Totok Irawan, SE., ME., PhD. Hadir pula jajaran struktural Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Adapun Narasumber International Public Lecture, Prof. Yudi Azis, SE., S.Si., S.Sos., MT., PhD, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Adapun Narasumber kedua, Azahari Bin Ramli, School of Business Management of Business Universiti Utara Malaysia. Dimoderatori oleh, Dr. Sri Hidajati Ramdani, SE., MM., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan.

 Dihadiri juga  oleh civitas akademika  lainnya  dan  para  mahasiswa  Program  Studi  Manajemen, Akuntanis dan Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan sebagai audiens. Public Lecture ini disaksikan juga secara daring melalui Zoom Meeting.

 Antusiasme mahasiswa FEB-Unpak terlihat luar biasa, terbukti dari jumlah partisipan yang tinggi dalam acara tersebut. Mereka dengan penuh minat mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh para narasumber, aktif bertanya dalam sesi tanya jawab.

 Prof. Yudi Azis, SE., S.Si., S.Sos., MT., PhD., dalam pemaparan materinya, menjelaskan bahwa inovasi dan bisnis kompetitif melibatkan beberapa komponen kunci, termasuk Business Driver and Barrier (penggerak dan hambatan bisnis), Innovation and Business Model (inovasi dan model bisnis), serta Implication to Business and Future Job (implikasi terhadap bisnis dan pekerjaan di masa depan).

Adapun, narasumber kedua, Azahari Bin Ramli, menyampaikan, “Creativity is defines as the ability to generate creative idea. Creative idea is an idea that has economic and social value. Innovation is the process of transforming creative idea into reality.”

Kreativitas dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Ia menjelaskan empat fase kreativitas, yaitu akumulasi pengetahuan, proses inkubasi, pengalaman ide, serta evaluasi dan implementasi.

International Public Lecture ini memiliki sasaran dan tujuan untuk membahas pentingnya inovasi dalam mencapai keunggulan kompetitif di bidang lingkungan, serta untuk menginspirasi peserta dan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana inovasi dapat menjadi pendorong utama dalam mencapai kesuksesan dengan keberlanjutan lingkungan. Acara ini juga menyoroti bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi posisi kompetitif dalam pasar global saat ini.

Sesi akhir International Public Lecture ini ditutup dengan pemberian sertifikat kepada narasumber dan moderator, kemudian dilanjut dengan sesi dokumentasi.


iden