Kolaborasi FEB-Unpak dan Fakulti Pengurusan Teknologi dan Teknousahawanan Universiti Teknikal Malaysia Melaka


Kolaborasi FEB-Unpak dan Fakulti Pengurusan Teknologi dan Teknousahawanan Universiti Teknikal Malaysia Melaka

Seminar Internasional dengan tema “Application of Technology for Sustainable Business”, membahas mengenai bagaimana teknologi dapat diterapkan dalam konteks bisnis secara berkelanjutan, meliputi penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi dampak lingkungan, memperbaiki rantai pasokan, memajukan inovasi produk, atau mengembangkan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Seminar ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat menjadi alat untuk mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan dan bagaimana inovasi teknologi dapat mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan dari segi sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Seminar internasional ini merupakan hasil dari kerjasama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan dengan Fakulti Pengurusan Teknologi dan Teknousahawanan Universiti Teknikal Malaysia Melaka. Seminar tersebut sukses digelar di Aula Madya Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Bogor, pada Selasa (21/05/2024).

Dihadiri dan dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, Towaf Totok Irawan, SE., ME., PhD. Hadir pula jajaran struktural Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Adapun Narasumber Seminar Internasional dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Prof. Dr. Mohd Syaiful Rizal Bin Abdul Hamid dan Dr. Isma Addi Bin Jumbri. Dimoderatori oleh Fredi Andria, STP., MM., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Dihadiri juga oleh civitas akademika lainnya dan para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan sebagai audiens.

Seminar ini disaksikan juga secara daring oleh para mahasiswa dari mitra perguran tinggi FEB-Unpak diantaranya FEB Universitas Swadaya Gunung Jati, FEB Universitas Pamulang, Fakultas Bisnis IBIK Kesatuan, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Binawan, Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen, FEB Universitas Mercu Buana, FEB Universitas Narotama, FEB Universitas Telkom, FEB Universitas Yarsi, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, STIE Madani Balikpapan, FEB Universitas Buana Perjuangan Karawang, Fakultas Administrasi dan Ilmu Sosial Universitas Bina Taruna Gorontalo, Fakultas Bisnis dan Humaniora Universitas Nusa Putra, dan Fakultas Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global.

Mahasiswa FEB-Unpak menunjukkan antusiasme yang besar, terlihat dari jumlah partisipan yang banyak. Mereka dengan penuh minat mendengarkan materi dari setiap narasumber, aktif bertanya dalam sesi tanya jawab, dan mendapatkan apresiasi pada pertanyaan terbaik di akhir acara.

Prof. Dr. Mohd Syaiful Rizal Bin Abdul Hamid, dalam pemaparan materinya menyampaikan, sustainability is meeting the needs of the present without sacrificing future geerations ability to meet those some needs. Mencapai kebutuhan sekarang tanpa merugikan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan yang serupa.Sustainability terbagi menjadi 3 macam, atau biasa disebut “3-Legged Sustainability Stool”, yaitu Environmental Sustainability, Economic Sustainability, dan Social Sustainability. Ideologi atau konsep tersebut mengusung prinsip bahwa memelihara peningkatan profitabilitas, sambil tetap memperhatikan kelestarian lingkungan untuk kepentingan antargenerasi, dan juga mempertahankan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat secara menyeluruh.

Adapun sasaran atau output dari digelarnya seminar internasional ini adalah untuk menginspirasi mahasiswa agar termotivasi dan memiliki dorongan untuk mengembangkan digitalisasi mereka sendiri. Mereka diharapkan juga dapat menyadari pentingnya penggunaan teknologi dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi dampak lingkungan, memajukan inovasi produk, dan mengembangkan strategi pemasaran yang berkelanjutan.


iden