iden

Mengembangkan Skill di Era New Normal melalui Webinar #Ngopinspirasi Virtual Class


Dalam perekonomian dunia saat ini, teori yang diberikan dalam pembelajaran perkuliahan sehari- hari sepertinya tidaklah cukup untuk menghadapi persaingan saat ini. Apalagi pada awal tahun 2020 kita dihadapkan dengan bencana wabah virus Covid-19 yang merebak diseluruh dunia. Untuk memberantas pandemi ini , tentu setiap elemen harus saling bekerjasama . salah satunya adalah melakukan Physical Distancing dan Work From Home.

(Pembukaan Webinar oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Bapak Dr. Chaidir, S.E., M.M. )

Sebagai salah satu Universitas yang berkontribusi dalam menghadapi Covid-19, Universitas Pakuan terkhususnya Fakultas Ekonomi ingin memberikann mahasiswanya sebuah bekal yang nantinya akan dapat menjadi tombak untuk membantu mahasiswa dalam menghadapi dampak yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini dan belajar untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada.

(Poster Webinar #Ngopinspirasi Virtual Class)

Bekerjasama dengan PT. Nutrifood Indonesia , Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan mengadakan Web Seminar (Webinar) #Ngopinsipirasi Virtual Class yang dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 19 Mei 2020 dan 22 Juni 2020 diikuti dengan total oleh 200 Peserta. Untuk Webinar pertama memiliki tema “Dampak Pandemi Dalam Pengembangan Skill Millenial” dengan pembicara adalah Kak Made Budi Ramdani selaku Customer Development Manager PT. Nutrifood Indonesia. Dalam seminar ini membahas tentang apa saja softskill yang dapat dikembangkan dalam Masa Pandemi ini dan membahas apakah dunia Entrepreneur masih menjadi primadona untuk kaum millenial dalam perekonomian di masa pandemi Covid-19. Menurut Kak Made dalam Masa Pandemi ini Usaha yang paling cocok adalah Online Shop (Olshop) karena transaksi yang mudah dan tidak perlu melakukan kontak secara langsung. Pemasaran secara online pun dapat merambah masyarakat yang lebih luas sehingga sangat memungkinkan untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak daripada berjualan secara langsung.

(Wiradetia Abiyoso yang sedang menyampaikan materi)

Lalu untuk Webinar kedua bertemakan “Economic Challenges in New Normal Era” yang pembicaranya di isi oleh Kak Wiradetia selaku Customer Development Executive PT. Nutrifood Indonesia. Pada Webinar ini membahas bagaimana masyarakat bisa beradaptasi di masa transisi ke Era New Normal seperti bagaimana strategi perusahaan untuk meberantas dampak yang diberikan Pandemi Covid 19 lalu peluang usaha apa yang memumpuni dan dapat dilakukan masyarakat yang telah kehilangan mata pencahariannya untuk memenuhi kebutuhannya di masa seperti ini. “Peluang usaha yang bisa dikembangkan adalah yang pertama produksi kesehatan karna orang membutuhkan seperti vitamin dan handsinitizer tapi dengan harga yang wajar, masker lebih punya peluang usaha yang dominan, orang-orang mencari masker karna pemerintah mewajibkan memakai masker seperti masker motif-motif. Yang kedua kebutuhan pokok. Jadi peluang usaha yang tepat saat ini yaitu produk kesehatan kebersihan bahan pokok. Sekarang orang-orang tidak berfikir untuk beli handphone mereka akan berfikir bagaimana akan makan. Mereka menjual dengan embel-embel kesehatan, balik lagi bagaimana cara yang tepat untuk mendeliver ke konsumen. Bahan pokok adalah kebutuhan karna krisis pangan akibat masyarakat di rumah, dan petani akan meningkatkan produksi kerja mereka.” tutur Kak Wira.

Diharapkan setelah diadakannya Webinar ini dapat menambah ilmu serta wawasan bagi Mahasiswa dalam berdapatasi di masa seperti ini. Jangan pantang semangat dalam meningkatkan kompetensi kalian baik itu dalam bidang entrepreneur maupun di bidang lainnya, karena usaha yang kalian lakukan sekecil apapun itu akan membawa perubahan dalam hidup kalian.

#StayAtHome

Ditulis oleh: Syafiro Putri


© 2020 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan