iden

Profil Lulusan

PROFIL SARJANA AKUNTANSI 

Menjadi sarjana akuntansi ahli dibidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, auditing, akuntansi perpajakan, akuntansi sektor public, serta akuntan pendidik yang dapat mengaplikasikan pengetahuan bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, auditing, akuntansi perpajakan akuntansi sektor public (pemerintahan dan organisasi nirlaba) secara mendalam atas suatu entitas dengan didukung kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi secara efektif serta bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil kerja serta mampu menyelesaikan masalah organisasi dalam lingkup tanggung jawabnya.

PERAN SARJANA AKUNTANSI SEBAGAI:

  1. Akuntan Keuangan

Lulusan Akuntansi mampu mengaplikasikan sistem informasi akuntansi, menganalisis, membuat laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang terkini, serta mampu memberikan solusi akuntansi di berbagai perusahaan.

  1. Akuntan Manajemen

Lulusan akuntansi mampu mengaplikasikan sistem informasi akuntansi, menganalisis, membuat laporan produksi terkait dengan biaya, membuat strategi bisnis di masa depan dan memberikan solusi bagi manajemen di perusahaan.

  1. Auditor

Lulusan akuntansi mampu mengaplikasikan pemeriksaan internal di perusahaan dan instansi pemerintah serta menjadi profesi akuntan publik dengan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) yang berlaku berdasarkan UU No 5 tahun 2011, No 17 /PMK/2008 tentang Jasa Akuntan Publik, No 25 / PMK. 01/ 2014 tentang Akuntan Beregister Negara

  1. Akuntan Pajak

Lulusan Akuntansi mampu membuat laporan keuangan fiskal, membuat perencanaan perpajakan dan memberikan solusi di bidang perpajakan sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku.

  1. Akuntan Sektor Publik

Lulusan Akuntansi mampu mengaplikasikan sistem informasi akuntansi, menganalisis, membuat laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang terkini, serta mampu memberikan solusi akuntansi di berbagai perusahaan publik dan instansi pemerintah pusat dan daerah.

  1. Akuntan Pendidik dan Peneliti

Lulusan Akuntansi mampu mengaplikasikan pendidikan akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan akuntansi, mengajar, dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi di perguruan tinggi.


© 2020 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan